Senin, 27 April 2009

Menambah Speed Dial pada Opera

Bagi Anda yang belum tahu tentang speed dial , ini adalah fitur built-in yang hanya dapat Anda temui di browser Opera (Pada Firefox harus melalui extensinya). Fitur ini mirip dengan fasilitas bookmark untuk menyimpan situs favorit Anda, tetapi bedanya speed dial lebih berguna lagi dengan selalu memperlihatkan thumbnail saat kita membuka Opera atau tab baru.

Pada Opera versi 9.5 fitur speed dial masih dipertahankan tapi sayangnya tanpa perubahan yang berarti, jumlah situs yang bisa ditampilkan Opera di sebuah halaman speed dial masih terbatas sampai 9 buah saja dan tidak ada opsi untuk menambahkannya (setidaknya melalui GUI).

Tapi ternyata, di Opera 9.5 hal ini dapat dilakukan dengan mengubah konfigurasi pada file speeddial.ini. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki setidaknya satu kotak speed dial yang terisi.
2. Tutup Opera. Langkah ini sangat penting untuk mencegah Opera mengubah konfigurasi file yang akan kita modifikasi.
3. Buka "speeddial.ini" dengan Notepad yang terletak di
C:\Documents and Settings\Administrator\Application Data\Opera\Opera\profile (apabila tidak menggunakan konfigurasi default, Anda juga dapat menemukan folder di mana Opera menyimpan file ini dengan mengetikkan "aboutpera" di address bar)
4. Pada baris paling bawah isi dengan baris berikut:
[Size]
Rows=
Columns=
5. Setelah itu isi nilai rows (jumlah baris/web dalam satu kolom) dan nilai Columns (jumlah kolom/web dalam satu baris). Misalkan saya isi baris tersebut dengan nilai sebagai berikut:
[Size]
Rows=5
Columns=8 

Dan ini dia contoh hasil speed dial yang saya dapat:



Terlalu banyak speed dial akan menyebabkan ukuran ukuran thumbnail yang terlalu kecil, jadi mungkin bisa diatur nilainya supaya tidak terlalu banyak, sesuka Anda.

Setelah saya cermati, alasan Opera tidak memberikan fitur untuk menambah jumlah speed dial dengan lebih mudah, karena fitur shortcut untuk speed dial hanya berfungsi sampai 9 situs pertama saja. Kita bisa melakukan shortcut dengan menekan tombol Ctrl + (nomor sesuai dengan letak web di speed dial). Melihat screenshot saya di atas, untuk situs di urutan lebih besar dari 9 tidak bisa menggunakan shortcut, jadi hanya bisa Anda klik saja untuk menampilkan halaman web tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar